8 Cara Para Pengusaha Sukses Dunia Muncul dengan Ide Bisnisnya yang Hebat

business-ideas

Sebagian dari Anda mungkin adalah pengusaha yang baru saja mulai atau baru saja ingin membuka usaha dan bercita-cita menjadi pengusaha nomor 1 di bidang Anda.

Tetapi kemudian Anda merasa stuck, bimbang karena Anda merasa tidak memiliki ide bagus mengenai bisnis Anda.

Atau lebih parah lagi, Anda bahkan tidak tahu apa yang ingin Anda lakukan. Anda merasa tidak cukup kreatif dan patah semangat untuk memulai bisnis Anda.

Tenang. Anda tidak sendirian. Anda tak perlu khawatir.

The Wall Street Journal merilis sebuah artikel yang mengumpulkan rahasia dan ide bisnis dari para pengusaha sukses dunia. Siapa tahu, beberapa di antaranya bisa memberi Anda inspirasi tentang apa yang harus Anda lakukan pada bisnis Anda.

Cara#1. Lihat Apa yang Mengusik Diri Anda

Ide untuk memulai seringkali datang dengan sebuah masalah yang perlu diselesaikan. Masalah ini tak hanya datang ketika Anda duduk diam meneguk kopi dan memikirkan kehidupan. Masalah-masalah ini justru muncul ketika Anda bekerja keras melakukan hal lain.

Misalnya, seorang kawan saya datang kepada saya karena menginginkan berita mengenai musik yang ia suka dan susah diperoleh. Saya pun membuat sebuah layanan yang akan memeriksa komputer Anda apakah musik yang telah Anda simpan ada di sana, dan memberi Anda segudang berita dari internet mengenai band kesukaan Anda, bersama dengan informasi tiket konser dan yang lainnya.

David Cohen

– Founder dan CEO TechStar

Cara#2. Hadirlah di Masa Kini

Mulailah diskusi Anda mengenai masalah yang Anda merasa terlibat secara personal di dalamnya. Membangun sebuah bisnis sangatlah sulit dan memerlukan dedikasi tanpa kenal lelah yang datang dari passion pribadi Anda.

Pertanyaan besar lainnya adalah “Bagaimana?” Ide besar dan inovasi datang dari menjalankan ide Anda dengan cara yang berbeda dari orang lain. Cara paling brilian untuk melakukannya adalah dengan mengamati dunia di luar usaha Anda dan melihat bagaimana orang lain memecahkan masalahnya. Pendekatan yang rutin mereka lakukan bisa jadi mengejutkan Anda dan memberi Anda inspirasi.

Ditambah lagi, kebanyakan kita sebagai wirausaha cenderung mengabaikan sisi kreatif diri kita sampai kita benar-benar membutuhkannya. Memastikan bahwa hidup Anda memiliki keseimbangan adalah cara yang bagus untuk mempertahankan kreativitas.

Tips terakhir dari saya tampak sangat jelas. Meski begitu, hidup dalam dunia yang kita tempati, ini sulit dilakukan: Cukup hadir di masa kini.

Saya yakin Anda mengerti bagaimana teknologi membuat kita semakin dekat. Kadang hal sederhana seperti meneguk secangkir kopi menjadi aksi membalas email dan mengatur jadwal. Mudah sekali untuk kehilangan satu kepingan penting dari puzzle inovasi yang Anda punya ketika kepingan itu ternyata tepat di depan hidung Anda jika Anda tak hidup di masa kini.

Angela Benton

– Founder dan CEO New ME Accelerator

Cara#3. Ide Begitu Banyak, Tapi “Kemauan” Tidak

Mungkin faktor terbesar yang menentukan apakah seorang pengusaha akan sukses atau tidak bukanlah ide bisnis itu sendiri, melainkan kemauan pengusaha itu untuk mencoba (dan terus mencoba) untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan. Ide-ide hebat tak terhitung banyaknya, namun apa yang kita lakukan dengan ide itu yang nantinya akan dinilai.

Samer Kurdi

– Chairman global board Entrepreneurs’ Organization

Cara#4. Biarkan Alam Bawah Sadar Anda Melakukannya

Ketika pikiran Anda penuh dengan tugas-tugas monoton, ia akan menstimulasi alam bawah sadar Anda dengan momen “AHA!”. Itulah yang terjadi pada saya. Model bisnis untuk perusahaan saya, ClearFit, yang menyediakan kemudahan untuk perusahaan-perusahaan menemukan karyawan dan memastikan pekerjaan yang cocok, muncul di benak saya ketika saya sedang mengemudi pada kecepatan 80 km/jam, tidak berpikir tentang pekerjaan sama sekali.

Alam bawah sadar berada di latar, diam-diam mempengaruhi hasil dari banyak pikiran. Jadi, istirahatlah sebentar dan cium bau sekuntum bunga di sekitar Anda, karena ketika Anda melakukannya, pikiran Anda akan sangat mungkin memecahkan masalah yang Anda sedang pikirkan atau memberi solusi pada masalah Anda yang tak pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Ben Baldwin

– Co-founder dan CEO ClearFit

Cara#5. Atasi Masalah Praktisnya

Buatlah catatan setiap kali Anda menemukan sebuah jasa atau pengalaman Anda sebagai konsumen yang membuat Anda uring-uringan, atau berharap menemukan produk yang sangat Anda perlukan tapi Anda tak menemukannya dimanapun. Kemudian tanyakan pada diri Anda, apakah ini masalah yang bisa saya pecahkan? Dan berapa banyak waktu dan uang yang harus saya habiskan untuk menguji ide saya?

Poin terakhir sangatlah penting. Seperti yang dikatakan professor saya di Stanford, Andy Rachleff, menyemangati saya, “Pastikan kamu bisa gagal dengan cepat dan murah.” Dalam sekolah bisnis, saya memiliki banyak ide besar. Salah satunya adalah memperbaiki layanan penerbangan domestik — yang akan menghabiskan jutaan dollar dan waktu bertahun-tahun. Saya memutuskan untuk mengejar peluang lain yang lebih murah dan memberikan hasil paling cepat — sebuah merek busana bernama Bonobos.

Akhirnya, ide ini hanya membutuhkan 9 bulan dan dana permulaan $15,000 untuk menarik konsumen dan mendapatkan respon pasar yang positif.

Brian Spaly

– Founder dan CEO Trunk Club

Cara#6. Cari Jalan yang Lebih Baik

Saat seseorang menjalani kehidupan rutinnya, akan sangat bermanfaat jika dirinya selalu bertanya, “Apakah ada jalan lain yang lebih baik?” Anda akan terkejut bahwa seringkali jawabannya adalah, “Ya.” Sumber inspirasi lain bagi saya adalah produk yang sudah ada. Seseorang tak boleh merasa bahwa hanya karena ada satu produk di luar sana yang mirip dengan apa yang Anda ciptakan membuat Anda tak bisa mengeksekusinya dan memasarkannya dengan lebih baik.

Liz Lange

– Desainer Fashion

Cara#7. Berpikir Besar

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha ketika memilih ide atau peluang bisnis.

Jadi besar atau jadi pecundang: Ada banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan membangun bisnis yang secara marjinal mengembangkan jasa atau produk yang sudah ada, tetapi tantangan sebenarnya ada pada keputusan yang dibuat setelah sebuah ide luar biasa yang kelihatan sedikit gila,

Buat dunia ini menjadi tempat yang lebih baik: Wirausahawan terbaik adalah mereka yang mengelola bisnis yang mempermudah atau meningkatkan kualitas hidup banyak orang. Mereka selalu bertanya “bagaimana jika” ketika berpikir mengenai bagaimana dunia bekerja dan bagaimana status quo bisa ditingkatkan secara dramatis.

Gagal dengan cepat: Ketika seluruh biaya untuk membuka bisnis jatuh dan pasar bergerak sedemikian cepat, akan menjadi lebih mudah untuk menguji ide-ide Anda tanpa konsekuensi kegagalan yang terlalu besar.

Berputar dengan cepat: Kebanyakan perusahaan paling sukses eksis dalam format yang berbeda dengan apa yang pertama kali mereka visikan. Seorang wirausahawan sukses akan menyadari kapan sebuah perusahaan bergerak ke arah yang salah atau kehilangan peluang yang lebih besar.

Kevin Colleran

– Mitra usaha, General Catalyst Partner

Cara#8. Aplikasikan Ide Anda pada Target Pasar Anda

Penting sekali untuk melihat sebuah gagasan dalam dua cara: pertama, untuk mempertimbangkan inspirasi awal pada sebuah bisnis, dan kedua, seringkali konsep yang berbeda akhirnya dijalankan untuk membuat sebuah perusahaan baru. Kita umumnya berpikir bahwa gagasan-gagasan adalah sesuatu yang menempatkan para wirausahawan sukses pada jalan menuju kesuksesan. Meskipun demikian, sebuah gagasan atau ide hanyalah ide sampai Anda mengeksekusi ide Anda itu. Wirausahawan yang hebat juga menemukan strategi-strategi untuk mengantarkan solusi inovatif kepada pelanggannya.

Ellen Rudnick

– Professor Kewirausahaan dan Direktur Eksekutif Michael P. Polsky Center for Entrepreneurship

Incoming search terms:

Bisnis hebat,Pengusaha hebat dunia,inspirasi usaha hebat,Pengusaha hebat,bisnis pengusaha dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *