Memulai Usaha Tanpa Dana Seperserpun!

5 Cara Memulai Usaha Tanpa Modal Seperserpun!

Dalam dunia wirausaha, mencari dana usaha adalah hal yang membuat sebagian besar pemiliki startup pusing tujuh keliling. Fakta tersebut membuat banyak orang berpikir bahwa tidak ada cara untuk memulai usaha tanpa modal.

Tapi jika Anda memiliki keinginan untuk sukses, Anda tidak boleh menyerah begitu saya

Karena begini,

Tidak semua perusahaan raksasa dunia dimulai dengan dana usaha yang mapan dan mencukupi. Jika Anda memiliki kemampuan baik pada bidang marketing, seorang pekerja keras dan tajam mencari ide bisnis yang cocok dengan latar pendidikan atau hobby yang Anda miliki,

Maka memulai usaha tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun bukan hal yang mustahil bagi Anda!

Jika Anda masih bingung tentang langkah membuka usaha tanpa dana sepeserpun, Anda bisa menggunakan  lima metode yang telah  dirangkum oleh Sujan Patel, seorang Entrepreneur dunia berikut!

Bergeraklah, Buat Hobi Anda Menjadi Barang Atau Jasa yang Bisa Menghasilkan Uang.

Jika Anda memiliki keinginan untuk membuka usaha, namun dana usaha Anda belum mencukupi, Anda bisa membuat produk atau sample jasa dengan modal minimal untuk memulai menarik calon pelanggan.

memulai usaha tanpa modal
Jadikan hobby Anda menjadi ide memulai usaha tanpa modal. Misalnya jika Anda hobby membaca dan banyak memiliki buku, bukalah rental buku eksklusif di kota Anda!

Contoh konkretnya adalah penyedia jasa ilustrator WPAP (Wedha’s Pop Art Potrait) yang membuat dan mempublikasikan beberapa karya yang indah dan menarik langsung pada akun media sosial mereka,

Tujuannya tak lain adalah untuk menarik para penikmat Pop Art untuk memesan jasa mereka.

Selain dengan metode tersebut, Anda bisa menjual produk atau menawarkan jasa Anda via toko online dan penyedia transaksi online seperi OLX, Berniaga.com dan toko online terpercaya lainnya.

Pada akhirnya uang yang terkumpul dari strategi modal dengkul tersebut dapat digunakan sebagai modal  pengembangan usaha,

Misalnya membeli domain dan hosting untuk membuat media pemasaran sekaligus media transaksi yang lebih profesional dan ekslusif untuk menjual jasa pembuatan ilustrasi WPAP tersebut.

Metode ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi dapat diandalkan dibanding terus-menerus mencari dana usaha tanpa improvisasi dan berkarya sedikitpun.

Menjadi Reseller? Kenapa Tidak?

Membuka usaha bukan berarti harus membuat dan menjual produk karya Anda sendiri. Terutama bila Anda merasa belum memiliki ide yang pas untuk Anda sulap menjadi mesin uang.

Jadilah reseller produk usaha orang lain.

Sebentar,

Jangan terburu mengernyitkan dahi dulu. Menjadi reseller bukan ide usaha yang buruk. Banyak pengusaha yang sukses hanya dengan menjual produk orang lain.

Anda bisa memulainya dengan membantu rekan bisnis Anda menjual produknya pada kolega, keluarga atau teman dekat. Tiap receh yang Anda dapat dari menjadi reseller dapat Anda tabung untuk mulai membeli produk dari suplier/rekan bisnis Anda tersebut.

Bahkan mengembangkannya menjadi produk yang lebih kreatif.

Misalnya, jika Anda menjadi reseller produk homemade kreatif berupa boneka, setelah Anda mendapat dana yang cukup dari kegiatan reselling Anda tersebut, Anda dapat mengembangkan produk tersebut menjadi boneka suvenir pernikahan, wisuda atau acara lain yang dapat meningkatkan nilai jual produk reselling tersebut.

memulai usaha tanpa modal
Shopious, salah satu Toko Online reseller sukses Indonesia. Anda bisa jadi memiliki jalan kesuksesan yang sama!

Selain dengan meningkatkan produk, Anda juga bisa menggunakan dana yang Anda dapat untuk membuka usaha baru.  

Contohnya seperti ini,

Anda dapat membuka website yang memediasi pemilik usaha, reseller dan pembeli sekaligus dan mendapat keuntungan dari tiap transaksi yang dibuat oleh ketiga pihak tersebut.

Contoh konkret dan populer dari metode ini adalah Shopify, sebuah media jual beli online dan  drop shipping yang terkenal memiliki pelayanan baik dan omset ribuan dolar perharinya

Pada dasarnya Shopify adalah reseller online dari beberapa brand  fashion dunia. Mereka menambah nilai berupa pelayanan ekslusif dan keamanan transaksi untuk bertransformasi dari reseller biasa menjadi toko online kelas dunia.

Menawarkan Jasa untuk Mendapatkan Sumber Dana

jika anda mempunyai skill yang mumpuni, tentunya anda tidak akan menyia-nyiakannya, bukan? Ya, anda bisa menawarkan jasa anda, termasuk untuk menghasilkan suatu produk. Ada begitu banyak bentuk jasa yang bisa anda tawarkan, tergantung kemampuan dan hal yang anda minati.

Beberapa jasa membutuhkan tingkat pengetahuan yang tinggi, misalnya accounting, tetapi ada juga yang hanya sedikit menggunakan pengetahuan misalnya baby sitter, pemotong rumput asisten pribadi.

Cukup mudah bukan ? anda hanya perlu fisik yang sehat dan sedikit ilmu dasar untuk melakukannya

Karena anda menjual jasa anda, maka anda perlu untuk menyiapkan branding plan untuk memastikan nama anda dan perusahaan dikenal oleh orang-orang yang mungkin sedang membutuhkan jasa anda. Ada beberapa tempat gratis untuk mempromosikan jasa anda termasuk Fiverr, raigslist, Elance, Taskrabbit dan Skillshare. Tak perlu keluar uang kan ?

Apalagi, jika anda punya website untuk menunjukkan beberapa contoh pengalaman atau blog untuk industri yang anda kelola.

Hhmmm, tentunya orang akan lebih tertarik untuk menggunakan jasa yang anda tawarkan dan anda dapat dengan cepat mengumpulkan dana untuk membuka usaha.

Bukan hanya itu,

Bisa jadi, klien-klien yang pernah menggunakan jasa Anda bisa menjadi partner, relasi bisnis bahkan investor untuk usaha yang Anda buka!

Ingin mendapatkan sumber dana dengan cepat? Barter saja

Memulai usaha tanpa dana sangat menyulitkan, bahkan untuk freelance- writing business menggunakan Elance dan wordpress atau wixx yang notabene gratis, tetapi kita tetap membutuhkan computer dan internet. Bagaimanapun, ada banyak cara untuk memulai usaha anda tanpa uang.

Ya, salah satunya dengan barter. Cara klasik alias tradisional ini bisa menjadi solusi untuk masalah anda. Misalnya saja anda membutuhkan laptop. Coba saja barter.

Misalnya jika Anda membutuhkan hosting untuk membangun situs jual beli, namun Anda belum memiliki dana untuk membayar hosting. Pada sisi lain, teman Anda butuh artikel dengan tema bisnis untuk situsnya dan tidak memiliki dana untuk mempekerjakan penulis.

Anda dapat menukarkan artikel berkualitas tentang bisnis milik Anda dengan space hosting gratis dengan teman Anda yang membutuhkan artikel tersebut. Jadi space hosting tersebut dapat Anda gunakan untuk mengelola situs jual beli yang Anda kembangkan

Manfaatkan jasa dengan biaya yang minim

Dalam mengembangkan usaha anda, tentunya anda memerlukan perlengkapan usaha seperti pembuatan logo, design kantor dan lain sebagainya. Nah, tentunya itu akan banyak menguras kantong anda bukan?

Padahal, biaya untuk membuka usaha juga masih minim. Wah, belum-belum sudah harus keluar uang.

Nah, untuk menghindari itu, anda perlu mencari jasa atau produk dengan biaya murah tetapi kualitas juga tidak main-main.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kita dapat menggunakan situs seperti Fiverr dan Elance untuk mengiklankan produk atau jasa anda.

Atau anda juga bisa menggunakan program untuk mengembangkan perusahaan anda sendiri. Banyak designer yang menawarkan pembuatan desain logo dengan biaya $5- S25 (dengan biaya revisi gratis). Dengan biaya tersebut anda sudah bisa memiliki design yang sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu, anda dapat menggunakan jasa paketan, misalnya jasa pembuatan design interior yang memberi pelayanan konsultasi design, gambar detail furniture dan lay-out ruangan. Tentunya itu akan lebih murah dibandingkan dengan jasa non-paket.

Beberapa situs freelancer seperti sribu.com, sribulancer.com dan projects.co.id dapat menjadi pilihan yang efektif dan ekonomis bagi perusaahaan startup Anda. Anda dapat menemukan pekerja sambilan yang memiliki skill mumpuni dengan upah yang dapat dinegosiasi.

Dengan memanfaatkan jasa situs penyedia freelance diatas, Anda bisa mendapatkan jasa yang murah dengan hasil yang tak kalah baik dari jasa desain premium. Bahkan mereka bisa saja memberikan jasa lebih baik karena Anda dapat mengarahkan kreativitas mereka menjadi alat yang sempurna untuk mewujudkan keinginan Anda.

Bacaan Terkait: Memaksimalkan Potensi Karyawan Setelah Merekrut Karyawan

Kesimpulan: Memulai Usaha dengan Dana Minim Bisa Dilakukan Asal Anda Peka dan Mau Berusaha

Memulai sebuah bisnis membutuhkan kecerdikan dan passion. Ketika anda menikmati apa yang anda lakukan, maka anda akan menemukan jalan keluar untuk melakukan semuanya secara bersamaan.

Masih ragu untuk memulai usaha atau bisnis karena kekurangan dana? Lihat sekeliling anda. Dan temukan jalan keluarnya. Anda juga harus belajar dari bakteri bagaimana menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses dimasa depan!

Read More: [Belajar Menjadi Pengusaha Sukses Dari Bakteri]

Referensi dan bacaan 

http://www.entrepreneur.com/article/238538

http://megadesain.com/article/94790/megadesain–studio-interior.html

 

Incoming search terms:

bisnis pop art,usaha tanpa tempat,proposal bisnis pop art,startup tanpa modal,wirausaha pop art

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *