Trik dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Trik dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Bisnis Kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling banyak diminati. Tak sedikit orang yang menggeluti bisnisdi bidang ini, entah itu oleh professional yang telah memiliki banyak pengalaman atau oleh pemula.

Semua bisa menjadi pebisnis kuliner Termasuk anda. Tetapi, tidak sedikit pula usaha di bidang kuliner yang mati di tengah jalan. Tanpa persiapan dan pengelolaan yang tepat, maka bisnis anda akan mudah untuk mengalami kemerosotan. Maka dari itu, perlu trik dan strategi yang matang untuk memulai usaha di bidang kuliner.

Melakukan Riset Target Pasar

Target pasar merupakan acuan untuk merancang strategi pasar ke depannya. Target pasar meliputi umur, pekerjaan, pendapatan, gaya hidup dan minat masyarakat. Setelah mengetahui target pasar, anda dapat menyusun strategi pemasaran dan sebagainya.

Misalnya, anda ingin membuka usaha kuliner di daerah kampus, maka yang cocok kita jual adalah makanan yang terjagkau dengan tempat yang nyaman. Misalnya warung nasi dengan konsep kafe.

Melakukan Inovasi pada Menu Kuliner

Persaingan di dunia usaha kuliner semakin hari semakin ketat, Anda wajib menyiasati faktor ini. dengan melakukan inovasi pada menu-menu kuliner anda, tentunya pelanggan tidak akan bosan dengan menu kuliner anda. Inovasi dapat dilakukan pada inovasi rasa, kemasan, kreasi pembuatan dan olah tempat.

Seperti yang dilakukan Rangga Umara, pemilik usaha “Lele Lela” yang mengemas pecel lele dengan lebih modern. Omset usaha pun akan lebih meningkat.

Menentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi menjadi kunci utama sukses tidaknya usaha anda. Anda harus bisa menentukan lokasi yang strategis untuk usaha anda, misalnya di jalan raya, dekat pertokoan dan dekat pusat keramaian. Selain itu, lakukan riset pula tentang tingkat pesaing disekitar lokasi tersebut. Semakin sedikit pesaing, semakin baik untuk usaha anda.

Menjaga Kekhasan Kuliner

Usaha kuliner yang bertahan lama biasanya adalah usaha yang dapat menjaga ke-khasan dan reputasinya. Jika usaha anda banyak diminati pembeli, pertahankan menu tersebut, meski anda menawarkan menu-menu baru. Intinya, jangan kecewakan konsumen anda.

Misalnya, banyak konsumen yang menyukai suatu produk anda, tetapi anda ngin membuat inovasi. Maka, buat dua produk. Produk yang sudah dikenal konsumen dan produk hasil inovasi anda.

Memilih Supplier

Bahan dasar yang anda pakai dalam mengolah makanan sangat mempengaruhi rasa makanan. Maka anda harus menjaga kualitas bahan dasar anda. Bekerjasamalah dengan supplier yang bertanggung jawab dan konsisten dengan kualitas barang.

Hati-hati dalam memilih supplier dan jangan terlalu sering berganti supplier.

Promosi Kuliner dengan berbagai media

Promosi dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dengan menggunakan brosur atau pamphlet. Anda dapat memberikan diskon atau potongan harga untuk menarik minat pembeli.

Selain itu dapat pula menggunakan media online seperti web, blog, facebook dan sosial media lain.

Ini point pentingnya

Memulai usaha di bidang kuliner akan sedikit membutuhkan waktu pengenalan kepada konsumen. Jadi jangan heran kalau d awal usaha akan sepi pengunjung atau ada komplain dari konsumen. Maka dibutuhkan kesabaran ekstra untuk memulai dan menjalankan usaha d bidang kuliner.

Jika kuliner anda kurang di terima di masyarakat, jangan menyerah. Segera analisa penyebabnya dan lakukan inovasi. Dengan begitu anda akan ddapat mengembangkan usaha kuliner anda. Selamat mencoba !!

Referensi :

https://infopeluangusaha.org/tips-cara-memulai-usaha-kuliner-untuk-pemula/

https://www.maxmanroe.com/5-pengusaha-kuliner-yang-sukses-dengan-ide-unik.html

https://www.bisniskrakatau.com/2015/04/tips-cara-memulai-usaha-kuliner-untuk-pemula.html

Incoming search terms:

inovasi bisnis kuliner,strategi usaha kuliner,start up bisnis kuliner,strategi bisnis untuk kuliner,strategi bisnis kuliner online

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

One thought on “Trik dan Strategi Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *