Usaha Bangkrut: Penyebab, Cara Mencegah dan Tips Menghadapi Kebangkrutan

Usaha Bangkrut: Penyebab, Cara Mencegah dan Tips Menghadapi Kebangkrutan

Sebagai seorang pengusaha, baik Anda yang telah mereguk kesuksesan atau yang baru memulai usaha dari nol kecil, usaha bangkrut adalah kalimat yang menjadi momok.

Bayangkan saja, usaha yang Anda bangun dengan modal finansial dan tenaga yang tidak sedikit, amblas begitu saja jika Anda tidak mampu melihat tanda usaha Anda bangkrut dan banyak hutang.

usaha bangkrut
usaha bangkrut dapat menghancurkan Anda secara finansial dan mental jika tidak segera diidentifikasi dan diatasi dengan baik! (Sumber gambar :infoloka)

Dengan menganalisa beberapa intisari berbagai artikel yang kami rangkum berikut, Anda diharapkan mampu mengidentifikasi tanda awal dan dapat mencegah kebangkrutan usaha Anda dengan  mulai memperbaiki kesalahan yang menjerumuskan keadaan finansial perusahaan Anda pada titik nadir.

Dua Indikasi Umum Usaha Anda Menuju Kebangkrutan

Dari banyak literatur yang Kami baca, setidaknya ada tiga pola yang sering muncul saat usaha, baik usaha kecil menengah bahkan usaha multinasional mulai menuju kebangkrutan.

Yang pertama adalah hutang modal usaha Anda mulai tidak mampu Anda bayar.

Yang kedua adalah Anda mulai memangkas anggaran operasional untuk memenuhi biaya operasional yang lain

Tanda kebangkrutan yang terakhir adalah saat Anda mulai memotong gaji karyawan Anda bahkan mem-PHK karyawan untuk menjaga produktivitas karyawan yang lain.

Hutang  Menumpuk, Kreditor Ngamuk dan  Tabungan Pribadi Mulai Di-jupuk

Apa Anda ingat pokok bahasan dalam artikel Kami, Kesalahan Pengusaha Pemula?

Nah, Anda pasti mengetahui bahwa Anda harus memisahkan urusan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan. Tapi saat masalah mendesak, misalnya saat Anda mulai banyak hutang dan tak ada cara lain untuk membuat kreditor modal usaha Anda tenang,

Anda pasti melanggar larangan tersebut.

Nah, jika hal tersebut terjadi, maka berhati-hatilah. Bisa saja usaha Anda mulai berkembang negatif, yang jika tidak segera diatasi, akan kolaps begitu saja.

Modal Usaha Mulai Seret dan Terpaksa Banyak Memotong Anggaran

Ciri-ciri kebangkrutan kedua adalah modal usaha yang mulai seret dan tidak mampu menutupi biaya operasional, maintenance atau membayar gaji karyawan Anda.

Jika kita baca lagi dua poin diatas, akibatnya akan cukup fatal jika Anda kehilangan suplai modal usaha.

Pertama, kreativitas dan kinerja karyawan akan menurun, begitu pula produktivitas usaha Anda. Penurunan produktivitas juga akan meruntuhkan pilar-pilar penyokong keuangan perusahaan utama Anda,

hasil penjualan dan kepercayaan pelanggan!

Anda mungkin akan mulai memotong anggaran maintenance atau mengurangi jumlah pasokan bahan baku untuk menjaga agar mesin Anda tetap berjalan dan menyeimbangkan neraca pemasukan.

Pemotongan anggaran ini sedikit banyak akan berpengaruh pada kualitas produk atau keawetan aset Anda. Faktor ini akan menjadi semacam bom waktu yang siap meledakkan perusahaan atau startup Anda jika tidak diantisipasi secepatnya.

Cara Entrepreneur Dunia Bangkit Dari Kebangkrutan

Mengevaluasi dan Mengoptimalkan Alokasi Dana Pada Produk Unggulan Anda

Jika perusahaan Anda mampu memproduksi banyak produk barang atau jasa, ada baiknya saat tanda-tanda kolaps muncul, mulailah mengevaluasi produk-produk Anda tadi. Anda bisa menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi daya jual dan minat masyarakat terhadap produk-produk Anda.

Setelah melakukan evaluasi, Anda dapat mulai mengatasi kejatuhan ekonomi perusahaan Anda dengan menyalurkan dana pada produk Anda yang menarik minat konsumen dan banyak menghasilkan keuntungan.

Manfaatkan dan Minta Bantuan Keluarga

Saat para investor dan kreditor mulai meninggalkan Anda, ada satu pihak penyokong dana lain yang dapat menyelamatkan Anda dari kebangkrutan. Keluarga dan teman dekat Anda sendiri.

Jika Anda sudah mulai kesulitan mencari bantuan dana untuk membantu menutupi biaya operasional usaha Anda, Anda bisa meminta bantuan sanak saudara.

Setidaknya hubungan emosional yang kuat akan membantu Anda meyakinkan mereka untuk sedikit membantu secara finansial.

Membayar kepercayaan mereka yang telah membantu juga akan menjadi dorongan emosional bagi Anda untuk segera bangkit dan membuat keluarga yang membantu bangga.

Memanfaatkan Bantuan Dana Usaha Daerah

Jika cara diatas mulai dirasa tidak memungkinkan atau tidak mencukupi, Anda dapat melakukan sedikit improvisasi dengan mencari dana bantuan usaha dari pemerintah daerah. Dalam rangka mensukseskan program Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA 2015 lalu, pemerintah memberikan bantuan dana bagi usaha Anda.

Untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah untuk menjaga usaha Anda dari kolaps saat tanda-tanda kebangkrutan muncul, Anda harus mulai mensurvei kemungkinan dan prosedur untuk mendapatkan bantuan dana dari daerah.

Anda harus mulai mencari relasi di pemerintahan daerah untuk mendapat cara termudah dan terbaik memperoleh bantuan dana dengan cara ini.

Untuk belajar bagaimana membangun relasi yang baik, Anda dapat membaca artikel Kami [Cara Membangun Relasi Bisnis yang Baik]

Tentunya, jaga diri dan hati, Jangan sampai Anda terjebak kasus korupsi oknum pemerintahan yang memanfaatkan kebutuhan Anda akan dana.

 

Incoming search terms:

cara mengatasi perusahaan yang bangkrut,bagaimana menghadapi usaha bangkrut,cara mengatasi kebangkrutan,usaha bangkrut,cara mengatasi perusahaan bangkrut

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *