Ide Usaha Sampingan dari Rumah dengan Modal Kecil

Ide Usaha Sampingan dari Rumah dengan Modal Kecil

 

Ilustrasi: diego cervo
Ilustrasi: diego cervo

Iklim wirausaha di Indonesia terhitung baik, dengan pasar yang makin terbuka dan calon konsumen yang daya belinya makin meningkat. Namun dunia wirausaha adalah juga sebuah dunia yang penuh ketidak-pastian.

Jika Anda bermimpi menjadi entrepreneur alias wirausahawan, sebelum serta merta melepaskan pekerjaan dengan gaji tetap dan memulai sebuah perusahaan baru, ada baiknya Anda “celupkan” dulu jari-jari kaki Anda ke perairan wirausaha yang tentunya baru untuk Anda. Jika sudah terbiasa dengan suhu airnya, baru mencebur.

Caranya adalah, dengan memulai usaha rumahan dengan modal yang tak terlalu besar. Anda pun bisa meminta bantuan keluarga, seperti adik, anak atau pasangan untuk menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, Anda tak perlu membayar gaji sebesar UMR, ataupun membayar sewa tempat, karena bisnis dilakukan di rumah.

Ada dua kategori bisnis yang bisa dijalankan, yaitu bisnis online dan offliine. Memang, dengan lebih dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia, bisnis saat ini tak akan lepas dari pemanfaatan internet.

Ini dia beberapa ide bisnis online dan offline bermodal kecil yang bisa dijalankan di rumah:

Bisnis Kuliner – Misalnya, membuat kue-kue, pudding atau catering yang bisa dikerjakan di rumah. Saat ini banyak sekali peluang bisnis kuliner, dengan menjamurnya para food blogger dan pecinta makanan yang memang suka mencicip berbagai makanan yang tak biasa. Tentu Anda juga harus kreatif. Juallah makanan yang tak biasa, contohnya pudding silky, cupcake lucu-lucu, dessert berbau green tea, dan masih banyak lagi.

Bisnis Pakaian Made-to-Order – Bisnis ini sebetulnya cukup menjanjikan, dan bisa dipasarkan secara online dengan sistem down payment (DP). Misalnya, membuat baju seragaman untuk keluarga dengan model yang modis, sesuai dengan model-model yang Anda tawarkan.

Afiliasi Travel – Banyak travel agent yang menawarkan jasa afiliasi. Buat Anda yang aktif menulis di blog atau memiliki website, Anda bisa mencoba bisnis afiliasi dengan online travel agent dengan memasang widget di website atau blog Anda. Jika traffic blog Anda bagus, pendapatan dari afiliasi juga bisa lumayan, antara 5 hingga 8 juta rupiah per bulan bisa Anda kantongi.

Les Private Online – Jika Anda punya skill khusus yang dibutuhkan orang lain, mengapa tidak mencoba memasarkannya secara online? Misalnya, kursus bahasa, online marketing, desain grafis, dan sebagainya.

Jasa Desain Grafis – Bisnis ini bisa dilakukan jika Anda memiliki kemampuan dalam menggunakan software desain grafis dan editing foto, seperti CorelDraw, Photoshop, dan lainnya. Selain bisa menawarkan jasa desain (kartu nama, company profile, undangan, dll), Anda juga bisa membuka sebuah usaha percetakan digital atau digital printin tanpa harus punya modal yang sangat besar. Caranya? Bisa bisa bermitra dengan pengusaha percetakan digital yang sudah ada.

Menjadi Reseller – Memiliki sebuah toko online saat ini sangat mudah dan bisa dikerjakan oleh orang yang tidak memiliki produk, yaitu dengan sistem dropship yang ditawarkan oleh pemilik barang yang akan dijual. Saat ini banyak penjual dan pemilik barang yang menawarkan dropship kepada para resellernya, dan inilah bisnis yang tak perlu modal uang, hanya beberapa jam untuk optimasi toko online atau akun media sosial Anda di internet.

Menjadi Penulis Lepas – Penghasilan freelance menjadi seorang penulis mungkin tak seberapa, namun Anda bisa mengumpulkan cukup lumayan dengan mengambil freelance dari beberapa employer. Saat ini cukup banyak orang yang membutuhkan penulis lepas, khususnya perusahaan Startup, baik berbahasa Indonesia maupun Inggris. Untuk artikel bahasa Inggris biasanya tarif nya lebih mahal daripada artikel bahasa Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lagu peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda kerjakan dari rumah, atau bahkan sambil bekerja. Satu hal yang perlu Anda ingat, walaupun bisnis atau usaha yang dijalankan hanya dengan modal kecil dan bahkan tanpa modal, bukan berarti keuntungan yang akan didapatkan kecil juga. Yang Anda butuhkan hanya kerja keras dan persistensi dan uang akan mengalir dengan sendirinya. Semoga artikel ini menginspirasi Anda.

Image: diego cervo

Incoming search terms:

motivasi kerja sampingan,motifasi usaha sampingan,motivasi bisnis sampingan,motivasi usaha sampingan,Wirausaha cari calon com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *