5 Tips Memilih Ruko

5 Tips Memilih Ruko

Memiliki ruko merupakan suatu hunian idaman bagi setiap individu yang memiliki visi menjadi entrepreneur. Ruko menjanjikan hunian yang selain kondusif untuk melakukan usaha, hunian dalam bentuk ruko juga menjanjikan potensi untuk disewakan kembali.kepada usahawan yang membutuhkan. Keuntungan yang bisa didapatkan dari memiliki ruko ini membuat motivasi orang untuk menyewa ataupun membeli ruko semakin tinggi dan meningkat setiap tahunnya. Persaingan untuk mendapatkan ruko yang strategis semakin membuat kesempatan memperoleh ruko yang nyaman sebagai hunian maupun tepat untuk melakukan usaha menjadi semakin sulit. Berikut pertimbangan yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ruko yang tepat bagi Anda

  1. Membeli vs Menyewa

Pertama-tama sebelum memutuskan untuk memfasilitasi usaha Kita dengan ruko penting untuk memilih antara membeli dan menyewa ruko. Pertimbangan ini pastinya didasarkan pada keadaan bisnis Anda. Apakah Anda sedang melakukan startup atau Anda sedang melakukan ekspansi bisnis. Bila Anda tengah melakukan startup dengan modal yang besar maka apa salahnya melakukan pembelian ruko. Namun bila startup Anda belum memiliki modal yang memadai menyewa bisa menjadi alternatif yang bagus bagi usaha Anda. Kemudian bila usaha Anda berada pada tahap ekspansi penting bagi Anda untuk membeli dan bukannya menyewa. Ini penting karena bagi usaha yang berekspansi untuk mempertahankan ekspansi secara menetap dan permanen membeli adalah opsi yang tepat. Karena menyewa bisa terancam peluang pemilik yang menaikan harga sewaktu-waktu dan mengancam kekuatan bertahan dari ekspansi usaha Anda.

Kelebihan dari menyewa ruko adalah tarif yang dikeluarkan tidak sebanyak membeli. Bagi usaha yang berada pada tahap stratup maupun ekspansi perhitungan biaya operasional akan dikerjakan dengan mudah. Akan tetapi bila ada perubahan kebijakan sewa ataupun tarif sewa dari pemilik atau agen perumahan ini akan membawa dampak kurang baik bagi usaha Anda.

Nilai tambah dari membeli ruko ialah ketika usaha sedang surut Kita tidak perlu mengkhawatirkan biaya operasional. Kemudian peluang mendapatkan capital gain juga menjadi nilai tambah membeli ruko. Ini bisa terjadi dengan pertimbangan kenaikan jual ruko dibandingkan dengan saat pertama membeli. Adapun kelemahan dari pembelian ruko ialah modal yang dikeluarkan yang besar. Namun hal ini bisa diatasi dengan mengajukan kredit pada bank untuk penyewaan ruko. Ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk memulai usaha tanpa modal.

  1. Tepat Lokasi vs Tepat Kegunaan vs Tepat Harga

Mau lokasi strategis dan bisa menguntungkan usaha ya siap-siap modal banyak, mau modal terjangkau dan menguntungkan usaha ya siap-siap menyiasati lokasi, mau lokasi strategis dan modal terjangkau siap siap menyiasati keuntungan Anda. Apapun pilihan ruko yang ingin dibeli atau disewa pastikan prioritas utama Anda dari ruko yang dibutuhkan. Apakah itu keterjangkauan, lokasi, ataukah kegunaan dari ruko ini sendiri. Seperti Kita fahami tidak semua usaha membutuhkan lokasi yang strategis dan dekat dengan jalan raya, bisa saja ruko anda justru lebih cocok di tempat yang agak jauh dari pemukiman dan memiliki akses yang jauh dari jalan.
Semisal bila Anda memiliki usaha rumah terapi bagi anak autis, maka ruko yang kurang dekat dengan jalan raya dan sepi dari keramaian bisa menjadi pilihan bagi Anda. Akan tetapi pemilihan ruko yang memiliki fungsi sanitasi yang baik dan sirkulasi udara yang sesuai adalah prioritas bagi Anda sebab anak autis yang Anda layani membutuhkan keadaan yang kondusif bagi perawatan mereka.

Kemudian semisal Anda memiliki kurir barang jarak jauh, adalah penting untuk menaruh prioritas pada lokasi dan harga. Karena seperti Kita fahami berbagai fasilitas seperti Ac, Wifi, Sanitasi, dsb. bukan terlalu menjadi prioritas bila Anda membutuhkan tempat dengan akses jalan raya untuk melakukan loading dan pengiriman barang. Sehingga pastikan prioritas Anda dalam menentukan lokasi, kegunaan, atau harga ruko sesuai dengan jenis usaha Anda.

  1. Lokasi Menentukan Prestasi

Strategis mungkin menjadi standar utama bagi pemilihan ruko. Bisa saya katakan bahwa hal ini salah besar! Karena lokasi yang bisa mendukung prestasi usaha juga harus mempertimbangkan keadaan lingkungan ruko. Apa gunanya memiliki ruko strategis tapi memiliki reputasi sebagai tempat yang berbahaya dan tidak aman? Kemudian perhatikan keberadaan kompetitor di ruko tersebut, adakah usaha yang sama dengan Anda atau tidak. Pastikan pula lingkungan sosial dari ruko benar-benar mendukung usaha Anda untuk berjalan di lokasi tersebut.

  1. Kondisi Luar dan Dalam Ruko

Pelajari dengan baik kondisi pemberi sewa atau penjual ruko. Upayakan membeli dari yang bermotivasi tinggi untuk menjual. Semisal penjual atau penyedia sewa yang ingin pindah ke luar kota atau butuh uang. Ini akan memudahkan Kita dalam menawar harga ruko. Keadaan bangunan dari ruko juga menjadi pertimbangan, pastikan struktur bangunan masih kuat dan fasilitas dari ruko ini masih berjalan dengan baik. Pahami perjanjian sewa maupun perjanjian beli yang dibuat. Pastikan membeli atau menyewa ruko membuat Anda untung bukan malah buntung

  1. Perbanyak Informasi

Perbanyak membaca iklan mengenai ruko di surat kabar, maupun berbagai forum jual beli online. Bandingkan antara ruko yang memiliki spesifikasi sama atau identik. Pelajari kelebihan dan kelemahan dari ruko yang berpeluang untuk Anda beli atau sewa. Perhatikan baik-baik setiap ruko yang sesuai dengan kategori Anda dan pastikan Anda tidak overprice dalam memilih ruko.

Incoming search terms:

tips membeli ruko,cara membeli ruko,usaha di ruko jauh dari pemukiman,beli ruko untuk usaha,beli ruko untuk usaha apakah bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *