Peluang Usaha Tambahan Modal Kecil dan Menguntungkan

Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil dan Menguntungkan

Pendahuluan: Menilik Pola Trend Bisnis dan Peluang Usaha di Indonesia

Peluang bisnis didefinisikan sebagai suatu kesempatan membangun bisnis di sebuah lingkungan tempat sang pebisnis berdomisili. Seseorang biasanya mulai menemukan sebuah peluang usaha atau peluang bisnis saat ia tertarik untuk membuka sebuah usaha tak peduli seberapa besar modal yang ia miliki.

Peluang bisnis sendiri adalah buah dari kejelian dan imajinasi seorang wirausahawan dalam menangkap dan memanfaatkan momen yang pas untuk membuka usaha.

Contohnya, saat momen ramadhan tiba, banyak Ibu rumah tangga yang memutuskan untuk menjadi penjual es buah dadakan. Atau saat periode tahun ajaran baru, para produsen sepatu akan membanjiri iklan televisi dengan produk baru mereka untuk menarik pembeli.

Bisnis Online Adalah Trend Bisnis Indonesia Pada Era Globalisasi

Dengan perkembangan teknologi komunikasi, batasan administratif dan geografi tidak lagi menjadi masalah untuk mewujudkan sebuah peluang usaha menjadi suatu bisnis dengan pangsa luas.

Pola trend bisnis dan peluang usaha di Indonesia dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi informasi. Terutam penggunaan smartphone dan internet yang mulai menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Segala transaksi kini dapat dilakukan secara online. Jadi Anda hanya perlu googling kategori dan merk produk yang Anda inginkan, melakukan pemesanan dan membayar via transfer bank dan barang pesanan akan sampai dalam waktu yang singkat!

Intinya, trend bisnis Indonesia pada era globalisasi ini adalah bisnis online. Baik bisnis jasa dan barang, semua telah dilakukan secara online.

Mungkin sering Anda lihat di televisi Anda, banyak toko online yang sudah memiliki pangsa luas dan menawarkan banyak kelebihan serta kemudahan.

Dengan iklan ber-budget besar yang selalu menyela acara kesayangan Anda.

Peluang Usaha Terbaru Yang Bermodal Kecil Menjadi Bisnis Ideal Untuk Anda Pemula Bisnis.

Bisnis yang sedang populer pada periode 2010 hingga 2015 ini adalah bisnis online, jadi mari kita jadikan kata kunci bisnis online untuk memetakan persaingan peluang usaha dan bisnis di Indonesia.

Analisis kita lakukan berdasarkan Keyword Planner milik Google, untuk melihat rerata pencarian perbulan dengan kata kunci tersebut.

Perhatikan hasil analisis berikut!

peluang usaha
Analisis Peluang Usaha Pada Google Keyword Planner

Dari hasil analisis volume pencarian kata kunci ‘bisnis online’ diatas, dapat kita simpulkan bahwa peluang usaha dengan mengandalkan bisnis online sudah sangat banyak peminatnya serta memiliki jumlah kompetitor yang besar. Jadi, sebuah bisnis online akan sulit untuk Anda yang mau memulai usaha kecil dengan modal minimal.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan?

Sebenarnya ada satu bisnis yang memenuhi kriteria untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil namun memiliki pangsa pasar yang luas.

Apa peluang usaha dengan pangsa pasar luas dan modal minimal itu?

Jawabannya adalah bisnis jaringan afiliasi!

Beberapa Kekurangan dan Kelebihan Program Afiliasi

Selayaknya sebuah koin, bisnis affiliate marketing memiliki dua sisi berlawanan, yakni kelebihan dan kekurangan.

Perhatikan bahasan pada sub-section dibawah,

Kelebihan Program Bisnis Afiliasi

Pelaksanaannya Mudah

Untuk menjalankan bisnis affiliate marketing, Anda tidak perlu susah-susah menawarkannya secara lisan pada teman-teman Anda.

Cukup pasang banner di blog pribadi dan share link affiliate program Anda di akun sosmed Anda.

Dengan demikian Anda sudah dapat mengeruk keuntungan dari tiap user yang mendaftar sesuai rujukan Anda tersebut.

Bahkan ada beberapa perusahaan yang menyediakan fasilitas berupa blog pribadi untuk memudahkan Anda menjalankan affiliate program ini

Biaya Yang Dikeluarkan Cenderung Kecil Bahkan Gratis

Untuk program affiliasi online seperti Lazada atau Idwebhost, Anda hanya perlu share link khusus untuk menjalankan program ini.

Artinya modal awal Anda NOL BESAR, Gratis!

Tapi ada beberapa program afiliasi yang mengharuskan membernya membayar sejumlah uang. Bukan sebagai modal, tapi sebagai pengganti atribut, fasilitas dan pendaftaran keanggotaan resmi.

Program afiliasi berbayar umumnya memiliki jumlah bagi hasil usaha yang lebih besar. Jadi Anda tidak akan merugi.

Dapat Dioptimasi Sesuai Kemampuan Anda

Tidak seperti bisnis lain yang membutuhkan banyak perbaikan dan perkembangan dibanyak aspek, program afiliasi dapat Anda optimasi sesuai dengan kemampuan pribadi Anda sendiri.

Misal,

Jika Anda memiliki kemampuan verbal dan persuasi yang baik, Anda dapat menawarkannya langsung pada keluarga dekat atau kolega Anda untuk menjadi member atau membeli produk via program afiliasi Anda.

Atau jika Anda memiliki kemampuan lebih pada teknik SEO, Anda dapat mengoptimalkan satu posting pada blog Anda yang berisi link program afiliasi agar mendapat banyak traffic untuk menjaring lebih banyak member rujukan.

Fleksibel sekali, bukan?

Kekurangan Program Afiliasi

Kontrol Program Afiliasi Cenderung Sulit

Sulitnya lebih pada tetap menjaga rujukan Anda untuk tetap melakukan pembelian atau pendaftaran sesuai link afiliasi yang Anda berikan.

Jika Anda memiliki kedekatan personal dengan pembeli atau pendaftar rujukan Anda, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Tapi jika Anda mendapatkan rujukan dari traffic website, Anda tidak dapat terus menerus menyuruh mereka mendaftar atau membeli via link Anda tersebut.

Akibatnya, revenue Anda juga akan menurun

Kompetisi Cenderung Tinggi

Dengan pelaksanaan yang mudah serta modal yang minim, tentunya juga banyak orang tertarik pada program ini.

Penyedia program afiliasi bertujuan mendapatkan banyak member. Jadi mereka tidak peduli seberapa besar kompetitor yang akan Anda hadapi.

Jadi sebaiknya ikutilah program afiliasi yang berbayar seperti program afiliasi pendidikan, hingga Anda mendapatkan kontrol yang lebih baik dan penghasilan Anda tidak akan terpengaruhi kompetitor

Beberapa Perusahaan yang Memiliki Program Afiliasi Menguntungkan

Program Lazada Affiliate

Program afiliasi lazada adalah salah satu dari banyak program afilasi di Indonesia.

Sebagai affiliate, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 10% dari jumlah pembelian produk yang Anda rujuk.

Komisi yang Anda dapatkan juga bergantung berdasarkan kategori dengan struktur komisi 2,5% untuk barang elektronik, 6% untuk non-elektronik, 10% untuk fashion dan 1% untuk kendaraan.

Anda dapat menggunakan website pribadi dan media sosial sebagai alat pemasaran. Format pemasaran yang baik adalah dengan menampilkan iklan produk Lazada pada blog Anda.

Jadi, pengunjung website akan tertarik dengan berbagai iklan produk yang ditampilkan dan melakukan pembelian melalui link afiliasi Anda.

peluang bisnis program afiliasi
Program bisnis afiliasi toko online Lazada

Anda bisa mendaftar program afiliasi tersebut disini [Program afiliasi Lazada]

Program Bisnis Afiliasi dan Waralaba IDWebhost

Program ini diselenggarakan oleh penyedia webhosting dan domain terkemuka Indonesia IdWebhost.

Komisi yang diberikan adalah 10% pada tiap pembelian hosting atau domain via link khusus.

Metode pemasaran yang baik adalah dengan membuat artikel review layanan hosting dan blog IDWebhost, jadi Anda dapat merujuk pengunjung yang ingin membeli domain atau hosting dengan link afiliasi Anda.

Anda dapat mendaftar program afiliasi Idwebhost disini [Program afiliasi IDWEBHOST]

Program Afiliasi Amazon

Amazon.com adalah salah satutoko online terbesar di dunia. Amazon menyediakan berbagai jenis produk kebutuhan Anda, mulai dari buku, perangkat elektronik, peralatan rumah tangga, permainan,  gadget, dan sebagainya.

Toko ini didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1994 dan berpusat di Seattle, Washington, Amerika serikat. Selain Amerika ternyata Amazon store tersebar cukup luas ke seluruh dunia, seperti Italia, Jerman, Inggris, Canada, Spanyol, China, dan Jepang.

Amazon.com memberikan kesempatan bagi blogger untuk menjadi publisher iklan. Terutama untuk Anda yang memiliki website atau blog ramai pengunjung untuk mendapatkan penghasilan dari website Anda tersebut

Program yang ditawarkan affiliate (Associates Amazon), dan semua publisher di seluruh dunia bisa mengikuti program ini.

Untuk menjadi affiliate Amazon.com atau sebagai penjual produk-produk Amazon.com kita harus mendaftar terlebih dahulu (gratis), untuk pendaftarannya Anda bisa mengunjungi situs affiliate program Amazon.com.

Anda akan mendapat dari penjualan via link affiliasi Anda sebesar 4% – 8,5% dari total harga barang yang dijual, semakin banyak produk terjual maka persentase komisi yang Anda dapat juga makin besar.

Tertarik?

Anda dapat mendaftarkan diri Anda di link berikut Amazon Affiliate Program.

Penutup

Demikian artikel Peluang Usaha Tambahan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan ini.

Semoga dapat membantu Anda meraup keuntungan tambahan untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari.

 

 

Incoming search terms:

usaha tambahan,afiliate idweb di blog,analisis affiliate program di online shop,analisis swot untuk bisnis afiliasi,apa bisa di lazada dari customer menjadi affiliate

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

One thought on “Peluang Usaha Sampingan Bermodal Kecil dan Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *