7 Bisnis Musiman Jitu Penambah Uang Saku Untuk Anak Kost

7 Bisnis Musiman Jitu Penambah Uang Saku Untuk Anak Kost

Kehidupaan mahasiswa merupakan masa yang penuh perjuangan, dari perjuangan mengejar nilai, cinta dan perjuangan perut. Apalagi bagi anak rantau, yang selalu menunggu tanggal muda karena suplai dari orang tua baru masuk pada tanggal muda. Sebagai solusinya banyak mahasiswa yang menjalankan bisnis untuk menambah unag sakunya, salah satunya adalah bisnis musiman.

Karakteristik bisnis musiman biasanya berlangsung dalam waktu yang singkat dan memanfaatkan momen yang selalu berganti-ganti.

Maka dari itu, perlu perhitungan yang matang untuk melakukan bisnis musiman, anda harus mengetahui kapan dan dimana bisnis anda akan diminati banyak orang.

Baiklah, kali ini kita akan membahas tentang berbagai event musiman yang bisa menjadi ladang bisnis musiman anda.

 

Bisnis kuliner takjil di Bulan Ramadhan

Bisnis ini tentunya sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa. ketika bulan Ramadhan, makanan dna minuman takjil menjadi piliha tepat untuk memulai usaha anda. Dengan biaya produksi yang tidak terlalu besar anda dapat memulai usaha anda. Menjelang maghrib adalah waktu yang tepat untuk menjajakan barang jualan anda di tempat-tempat yang ramai seperti pinggir jalan, taman dan sebagainya.

Bisnis Buah di Musim Buah

Ada buah yang ada hanya pada musim tertentu, misalnya musim panen durian dan buah naga. Jadi, tidak aneh lagi kalau ada beberapa penjual buah tertentu saja di pinggiran jalan. Untuk memulai isnis buah musiman anda harus mengetahui musim buah apa yang sedang berlangsung.

Selain menjualnya sebagai buah segar, anda dapat berinovasi dengan membuat jus buah, kue buah dan produk buah lain yang bisa menambah nilai ekonomis produk bisnis anda. Bagaimana, tertarik ?

Bisnis di Musim Olahraga

Banyak event-event olahraga yang diselenggarakan baik nasional maupun internasional, seperti PON, piala dunia dan piala Eropa. Event-event ini menjadi ladang bisnis yang sangat diminati untuk memproduksi kaos olahraga, jaket dan pernak-pernik olahraga lain. Tidak hanya di musim bola tentunya, juga bisa di musim olahraga lain.  Selain itu, bisnis yang membuat event nonton bareng pertandingan olahraga juga kerap kali ramai dan diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Bisnis Alat Perlengkapan Sekolah di Musim kenaikan

Setiap momen kenaikan kelas ataunaik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi pada pertengahan tahun tentunya akan banyak yang membutuhkan peralatan sekolah baru. Anda bisa membuka usaha penjualan alat-alat tulis, buku, tas dan peralatan sekolah lain.

Pada musim ini biasanya akan bermunculan pedagang-pedagang yang pada awalnya tidak menjual peralatan tulis.

Bisnis d Musim Natal dan Tahun Baru

Moment natal dan tahun baru selalu identic dengan kemeriahannya. Anda dapat menjadikan event ini sebagai ladang bisnis anda. Menjelang natal anda dapat menjual pohon natal, lampu kelap-kelip, parcel, dan bermacam barang sebagai kado natal. Anda dapat membuka pre-order untuk barang-barang tersebut.

Hampir sama dengan natal, anda dapat menjual terompet dan kembang api ketika momen tahun baru datang. Kedua event ini memang berlangsung singkat, yaitu hanya sehari. Tetapi orang-orang ingin merayakannya dengan meriah. Selain itu, anda dapat menjual kulier atau souvenir di kedua musim ini.

Bisnis di Musim Kampanye dan Pesta demokrasi

Momen-momen pesta demokrasi yang terjadi setiap 5 tahun sekali juga membawa rezeki bagi para pebisnis musiman seperti bisnis sablon kaos, sticker dan atribut-atribut kampanye lainnya. Omset pada bisnis ini pun meningkat beberapa kali lipat setiap musim pesta demokrasi berlangsung. Bisnis di musim ini memang butuh peralatan dan modal yang lumaya besar. Tetapi sebagai mahasiswa anda dapat memulai bisnis ini dengan kelompok atau bekerja sama dengan percetakan sablon.

Bisnis Souvenir di Musim wisuda

Masih belum tertarik dengan bisnis musiman di atas?

Bagaimana jika berbisnis souvenir di musim wisuda.  Pada musim wisuda tentunya kerabat wisudawan yang datang akan memberikan ucapan selamat kepada wisudawan.

Nah, anda dapat menjual bunga segar, bunga plastik, boneka dan souvenir lain dengan pengemasan yang menarik. Tentunya akan menjadi sumber uang tambahan yang pas bagi anda mahasiswa.

Bagaimana, apakah anda sudah bisa menentukan bisnis apa yang ingin anda lakukan ?

Setelah memulai bisnis musiman, anda perlu melakukan inovasi agar bisnis yang anda lakukan semakin meningkat omsetnya. Dengan kreatifitas dan keseriusan dalam menjalankan bisnis akan menjadi awal yang baik bagi kelanjutan bisnis musian anda. Anda juga harus bisa membaca kondsi pasar untuk menangani lonjakan permintaan atau barang yang tidak terjual. Anda dapat mengembangkan kemampuan untuk membaca situasi pasar.

Selamat mencoba !!

Referensi :

https://www.maxmanroe.com/menjalankan-bisnis-musiman-secara-berkelanjutan-mengapa-tidak.html

http://tulisbaca.com/7-bisnis-musiman-yang-cukup-menjanjikan/

http://www.usaharumahan19.com/2014/07/aneka-macam-peluang-usaha-musiman.html

 

Incoming search terms:

bisnis musiman alat tulis,kerja sampingan anak rantau,usaha bisnis musiman,bagaimana bisnis startup dimulai,analisis bisnis takjil

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

One thought on “7 Bisnis Musiman Jitu Penambah Uang Saku Untuk Anak Kost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *