5 Film yang Memberi Inspirasi bagi Entrepreneur

5 Film yang Memberi Inspirasi bagi Entrepreneur

playbuzz.com nonton
Ilustrasi: Playbuzz.com

Sebagai pebisnis, inspirasi tentu menjadi hal penting yang akan membuat segalanya berjalan, persis seperti bensin untuk mobil. Namun kadang kita merasa begitu “kering” dan sulit mendapatkan inspirasi. Ide seolah mandek, dan rasanya seperti jalan di tempat.

Jika sudah begitu, hentikan dulu semua pekerjaan dan rutinitas, karena mungkin Anda jemu. Anda mungkin butuh sedikit refreshing, dan kabar baiknya, beberapa aktivitas menyenangkan seperti membaca buku, majalah, mendengar musik, jalan-jalan di taman, dan menonton film justru memberikan “hadiah kejutan” berupa ide-ide kreatif dan inspirasi yang Anda cari.

Nah, berikut ini kami himpun beberapa film yang bisa mendatangkan inspirasi untuk entrepreneur seperti Anda. Yuk, siapkan popcorn, cappuccino dingin kesukaan, sofa empuk, dan bersiap untuk terinspirasi dengan menonton:

Deli Man

Film komedi dokumenter yang mengisahkan awal mula munculnya tren deli di Amerika Serikat (AS) selama dekade 1930an. Si pembuat film mewawancara banyak pemilik deli, termasuk Ziggy Gruber, generasi ketiga pemilik Kenny & Ziggy’s, deli otentik bergaya New York yang luar biasa sukses di Houston.

Foto: Houstonchronicle.com
Foto: Houstonchronicle.com

Gruber sangat karismatik dan menginspirasi, dan film ini menunjukkan betapa dia sangat memperhatikan bisnis dan pelanggannya. Dia seorang yang enerjik, terobseso denga kualitas, mencintai apa yang dia lakukan dan sekaligus mencintai industri deli. Dia juga sangat fokus untuk memberikan kualitas nomor wahid dalam setiap masakan dan interaksi dengan pelanggan.

Dia juga dengan tulus memberikan keramahan dan kepedulian kepada pelanggan dan yang lebih penting, kepada karyawan, dengan berinteraksi, mengobrol, dan menunjukkan kepedulian seorang atasan. Secara umum, film ini mengilustrasikan pentingnya passion dan hati dalam menjalankan bisnis, dan menunjukkan bahwa mereka yang menemukan passion akan sukses.

Woman in Gold

Film Woman in Gold menceritakan kisah seorang wanita Yahudi tua yang 50 tahun kemudian mencoba meng-klaim kembali sebuah karya seni milik keluarganya yang disita Nazi. Dia memulai sebuah “perang” yang panjang dan sulit dengan pemerintah Austria untuk mendapatkan kembali lukisan keluarga tersebut.

Foto: Telegraph.co.uk
Foto: Telegraph.co.uk

Film ini menggambarkan sebuah perjuangan dan bagaimana kita harus tahu kapan harus menyerah, dan kapan harus bertahan. Keseimbangan inilah skill tersulit yang harus dikuasai setiap entrepreneur untuk sukses.

Intinya, jangan takut gagal. Jika sebuah bisnis tak bisa memberikan trofi juara kepada Anda, berhentilah dan move on. Di sisi lain, terlalu cepat menyerah akan menghancurkan kesempatan berharga untuk sukses, yang seringkali datang hanya sesaat setelah kekacauan yang parah. Beberapa perjuangan mungkin harus dilakukan hingga beberapa dekade, seperti perjuangan yang dilakukan si karakter utama.

The Wolf of Wall Street

The Wolf of Wall Street memberikan detil-detil tentang dekadensi dan kebobrokan hidup seorang pialang saham, Jordan Belfort. Mulai dari pesta kantor yang semrawut hingga penggunaan obat-obatan terlarang, film ini menggambarkan sisi gemerlap dan sisi kelam sebuah bisnis.

Foto: Sky.com
Foto: Sky.com

Keserakahan, hedonisme dan pemalsuan mungkin terlihat menggoda bagi sebagian orang, namun tetap saja akan menjerumuskan kepada kegagalan. Tak ada jalan pintas untuk sukses, baik dalam bisnis ataupu kehidupan. Anda harus merelakan waktu untuk menumbuhkan bisnis yang kredibel, yang dibangun dengan dasar nilai-nilai dan etika.

Boyhood

Tak hanya menuai banyak perhatian dan pujian setelah rilisnya, film Boyhood juga telah mencuri perhatian jauh sebelum dirilis, karena dengan cara menarik mampu menampilkan strategi marketing “purple cow” yang sesungguhnya. Film ini menceritakan kisah seorang anak laki-laki, dan hebatnya, memakai aktor yang sama selama 12 tahun, ketika si tokoh utama beranjak dewasa.

Ilustrasi: Blogs.walkerart.org
Ilustrasi: Blogs.walkerart.org

“Jika Anda melihat satu sapi, maka bisa dikatakan Anda telah melihat semua sapi yang ada (mengetahui bentuk hewan sapi). Tapi bagaimana jika salah satu sapi tersebut berwarna ungu?” Tulis Seth Godin dalam bukunya, Purple Cow. “Buatlah sapi ungu. Buat orang lain mengizinkan Anda mencari apa yang sesungguhnya mereka butuhkan.”

By the way, sebagai informasi, Purple Cow adalah sebuah konsep marketing yang diciptakan pemasar dan entrepreneur Seth Godin. Menurut dia, perusahaan harus membangun produk dan jasa yang benar-benar pantas mendapat perhatian.

Sapi-sapi ungu memiliki kekuatan untuk menyedot perhatian dan memulai percakapan. Ingat, jadilah pebisnis dan buatlah produk yang luar biasa, berbeda, dan dapatkan perhatian baik dari pelanggan ataupun kompetitor di industri Anda.

The Queen

Film The Queen menunjukkan bagaimana keluarga kerajaan Inggris bereaksi dan merespon kematian Puteri Diana. Walaupun telah didesak untuk membuat pernyataan resmi dan ekspresi dukacita, Ratu Elizabeth II tetap keras kepala, dan menganggap kematian adalah urusan pribadi keluarga.

Foto: downloadfullmovies.info
Foto: downloadfullmovies.info

Strategi Ratu tersebut menjadi “bencana” bagi PR (public relation) istana, dan media serta warga Inggris marah karena “dinginnya” sikap Ratu. Setelah Buckingham dan Kensington kebanjiran ucapan dan ungkapan dukacita mendalam dari warga dunia, Ratu akhirnya melakukan saran perdana menteri dan membuat pernyataan resmi mengenai kematian mendiang Putri Diana, dan mengunjungi istana-istana untuk menerima bunga dan ucapan yang dikirimkan oleh masyarakat.

Film ini menunjukkan bagaimanapun berkuasanya seseorang, mereka tetap perlu mendengar pendapat orang lain dan menerima saran di kala krisis. Brand image bisa membangun atau menghancurkan bisnis, dan pada saat-saat krisis-lah image tersebut dipertaruhkan. Dengarkan apa kata publik, pertimbangkan saran dari orang-orang terpercaya, dan lepaskan kekeraskepalaan dan tradisi usang.

Itu dia beberapa film yang bisa Anda pertimbangkan untuk ditonton akhir minggu ini. Atau Anda punya film lain yang juga memberi inspirasi? Yuk, share di kolom komentar.***

Incoming search terms:

motivasi apa yang terdapat dalam film office space,film deli man menceritakan,film komedi inspirasi,film komedi sekaligus motivasi,film motivasi dan strategi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *