Ini Alasan Kuat  Menjadi Entrepreneur Mampu Membuat Anda Bahagia

Ini Alasan Kuat Menjadi Entrepreneur Mampu Membuat Anda Bahagia

5 Alasan Kuat Mengapa Menjadi Entrepreneur Akan Membuat Anda Bahagia

Setelah lulus kuliah, seorang sarjana akan disibukkan dengan aktivitas baru: mencari lowongan pekerjaan. Dengan harapan gaji selangit, jenjang karier, berbagai tunjangan dan bonus. Jika Anda memiliki track record pendidikan maupun soft skill yang baik, harapan tersebut dapat dengan mudah terwujud.

Tapi sadarkah Anda?

Bahwa dengan menjadi seorang entrepreneur, Anda juga akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan dalam hidup?

Mari kita diskusikan bersama 5 Alasan Mengapa Menjadi Entrepreneur Akan Membuat Anda Bahagia

Pada section –section pembahasan berikut!

#1 Anda Dapat Menjadi Seorang Yang Mandiri Secara Finansial

Alasan mengapa entrepreneur akan membuat Anda menjadi lebih bahagia adalah karena dengan menjadi entrepreneur Anda dapat menjadi mandiri secara finansial.

Sebagai contoh, seorang entrepreneur cilik berusia 12 tahun, Cory Nieves bahkan telah memulai usahanya pada usia 9 tahun! Diawali dengan keinginannya membeli mobil sendiri, Cory menjual cokelat panas di depan rumahnya tiap pagi.

menjadi entrepreneur
Cory, SEO termuda di dunia yang memulai usahanya pada usia 5 tahun? Bagaimana dengan Anda?

Dan lima tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2014, Cory dinobatkan sebagai salah satu CEO termuda pada perusahaan waralaba cookies-nya, Mr Cory’s dan meraup keuntungan sebesar $ 1000 dolar tiap minggunya.

Coba renungkan,

Dengan memperoleh laba dari wirausaha Anda sendiri, berapapun jumlahnya, Anda tidak perlu lagi bergantung pada orang tua atau orang lain untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda.

Dengan demikian, Anda dapat dengan bebas memenuhi kebutuhan hidup Anda sendiri menggunakan hasil kerja keras Anda. Percayalah, Anda akan merasa senang sekaligus bangga akan pencapaian wirausaha Anda selama ini!

Nah, bayangkanlah,

Cory saja mampu memulai usahanya pada usia lima tahun, masa Anda tidak bisa?

#2 Anda Tidak Perlu Terjebak Jadwal dan Deadline

Hal yang paling membuat frustasi selama seseorang bekerja sebagai karyawan adalah shift kerja dan deadline yang ketat. Tentu saja hal tersebut akan sangat menyiksa Anda.

Lalu mengapa Kami berpikir bahwa dengan menjadi seorang entrepreneur, Anda akan merasa lebih bahagia?

Karena dengan menjadi seorang entrepreneur, Anda akan memiliki kemampuan dan kebebasan mengatur jadwal Anda sendiri. Anda tidak perlu dihantui jadwal yang padat, shift kerja yang panjang atau deadline yang membuat kepala Anda pusing.

menjadi entrepreneur
Kelelahan, salah satu faktor yang tidak akan Anda sukai bila menjadi karyawan atau pegawai (Image Courtesy: http://www.ineedmotivation.com/

Selain itu, dengan bekerja sebagai karyawan atau pegawai, Anda cenderung tidak mendapatkan pelajaran dari pekerjaan Anda.

Cobalah belajar dari pengalaman Justin Zhu, mantan karyawan Twitter yang kini menjadi Co-Founder Literable, sebuah perusahaan penyedia layanan analisis segmentasi pasar.

Zhu menyatakan, bahwa saat ia bekerja sebagai engineer User Growth System, ia merasa waktu menjadi lamban dan monoton. ‘saya hanya dapat mengambil pelajaran dari 5 hingga 10% waktu kerja saya. 90% sisanya saya habiskan untuk kegiatan yang sudah saya pahami, dan waktu serasa melambat’. Tegas Zhu pada sesi wawancara di http://www.techrepublic.com/.

Jadi, dengan menjadi seorang entrepreneur, Anda akan lebih menghargai tiap detik yang Anda miliki, bahkan mengubahnya menjadi keuntungan yang besar melalui kreativitas usaha yang Anda kembangkan sendiri.

Anda juga tidak akan merasa bosan dengan kegiatan wirausaha Anda. Karena Anda akan selalu dihadapkan pada tantangan yang membuat Anda selalu bergerak maju dan inovatif.

Coba pikirkan baik-baik,

Selain dapat dengan bebas mengatur kapan Anda akan kerja, berwirausaha akan membuat Anda mengeruk keuntungan dan mendapat pelajaran baru dari tiap detik yang Anda lalui!

Memikirkannya saja sudah membuat rasa bahagia meluap!

#3 Anda Dapat Menjadikan Kreativitas dan Hobi Anda Menjadi Sesuatu Yang Menguntungkan

Terkadang, seorang pekerja adalah mereka yang dahulunya memiliki passion dan idealisme yang tinggi. Tapi mereka terpaksa mengubur passion dan mengorbankan idealismenya karena tuntutan pekerjaan yang bisa saja 180 derajat berbeda dengan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Hal tersebut bisa membuat siapa saja menjadi tidak bahagia, bisa jadi Anda-lah ‘korban’nya.

Bertolak belakang  dengan fakta diatas, menjadi seorang entrepreneur bisa membuat Anda mampu merealisasikan passion dan idealisme Anda menjadi sebuah bisnis menguntungkan.

Lihat saja seorang Bill Gates dan Mark Zuckerberg, dua-duanya adalah contoh entrepreneur teknologi yang sukses dan menjadi milyuner dengan mengembangkan bisnis dari passion mereka yakni teknologi informasi!

Kita semua pasti mengetahui perjalanan Gates dan Zuckerberrg. Kedua Technopreneur tersebut memilih drop out dari perkuliahan masing-masing karena yakin akan keberhasilan usaha yang berawal dari passion mereka, teknologi komputer dan teknologi informasi.

Penghasilan keduanya terus meningkat tiap tahun. Sebagai contoh, perhatikan grafik  Bill Gates berikut.

menjadi entrepreneur -penghasilan bill gates
Penghasilan Bill Gates Pertahun yang selalu meningkat (Forbes.com)

Penghasilan Gates cenderung terus bertambah tiap tahunnya. Dan semua itu dia peroleh dari kerja kerasnya mewujudkan passion dan idenya untuk membuat computer digunakan di rumah-rumah.

Dengan menjalankan usaha dari Hobi dan Passion yang Anda miliki, Anda tidak akan kehilangan motivasi dan rasa bahagia. Anda tidak hanya akan mendapat keuntungan dari usaha yang Anda bangun dari hobi.

Anda juga akan terus menemukan rasa euforia yang eksplosif saat mengembangkan usaha Anda tersebut.

#4 Anda Akan Bahagia Karena Bebas Dari Ancaman PHK

Saat Anda bekerja disuatu perusahaan, salah satu hantu yang terus mengintai ketenangan dan kebahagian Anda adalah ‘takut dipecat’.

Bayangkan saja, pada januari 2015 lalu, lebih dari 10.000 pekerja pada perusahaan-perusahaan dalam naungan Asosiasi Perusahaan Sepatu Indonesia telah di PHK.

Dari sector pertambangan malah lebih parah, sudah ratusan ribu karyawan perusahaan pertambangan mengalami pemutusan hubungan kerja akibat kerugian sebesar 2,32% pada kuartal pertama 2015 lalu [sumber: Kompas: Ratusan Ribu Pekerja Kena PHK].

Seringkali seorang yang telah berdedikasi tinggi dan menghabiskan banyak waktu untuk mengabdi pada suatu perusahaan, tetap di-PHK karena alasan mengurangi budget perusahaan. Sedikit banyak, kebahagian mereka akan hilang seketika.

Dengan menjadi seorang wirausaha, Anda tidak perlu khawatir dengan ancaman tersebut. Karena Anda sendiri-lah big boss-nya!

Lihat saja Sandiaga S Uno, Presiden Direktur  PT. Saratoga Investama Tbk. Entrepreneur yang akrab disapa Sandi Uno ini kini membawahi 30.000 pekerja pada perusahaan yang bergerak dibidang perekonomian ini.

Bukan hanya itu,

Bahkan Anda dapat merekrut mereka yang terkena PHK untuk dijadikan mitra kerja. Kebahagiaan sendiri akan lebih bermakna jika Anda bagi dengan mereka yang sedang bersedih, bukan?

#5 Anda Dapat Berbagi Kebahagian Dengan Orang Lain

Well,

Mari kita ulang kalimat terakhir dari section #4, ‘Kebahagiaan sendiri akan lebih bermakna jika Anda bagi dengan mereka yang sedang bersedih, bukan?’. Serta poin pada section tersebut bahwa seorang pegawai perusahaan dapat di-PHK kapan saja.

Dan, sebagai tambahan, entrepreneurship sendiri pada dasarnya adalah membuka lapangan pekerjaan dari sesuatu yang sebelumya tidak ada.

Nah, titik temunya di mana?

Simple saja. Coba kita pikirkan baik-baik,

Sebelumnya telah dibahas, bahwa dengan berwirausaha kita dapat membuka sendiri sebuah ‘perusahaan’ sesuai passion kita. Dengan berjalannya waktu, usaha Anda tersebut dapat berkembang pesat pada level yang tak mungkin Anda kendalikan sendiri.

Nah, pada saat itulah, Anda dapat menjadikan keluarga, sahabat dan kolega Anda yang baru lepas kerja untuk bergabung menjadi rekan bisnis Anda.

Dengan demikian Anda akan mendapatkan rekan bisnis yang memiliki pengalaman mumpuni dan siap membalaskan dendamnya dengan meraih sukses bersama Anda.

Dengan demikian, Anda juga telah mengangkat beban hidup mereka dan membantu mereka keluar dari kesulitan finansial dan psikologis.

menjadi entrepreneur
Dengan Menjadi entrepreneur yang sukses, Anda dapat berbagi kebahagiaan dengan membantu mereka yang sedang ‘jatuh’. Hal tersebut dapat mem-booster kebahagiaan Anda sendiri (Image Courtesy:https://www.mortgageval.ca/

Percayalah, Anda akan merasa bangga sekaligus bahagia dengan mewujudkan skenario diatas!

Kesimpulan: Bagaimana Anda Meraih Kebahagiaan Dengan Berwirausaha?

Meraih kebahagian hidup bukanlah suatu yang sulit. Bahkan Anda dapat mengubah tujuan meraih kebahagian hidup menjadi suatu yang menguntungkan secara finansial maupun secara rohani. Cara meraihnya adalah mulai mengalihkan pola pikir pekerja Anda menjadi pola pikir seorang entrepreneur!

Dengan menjadi seorang entrepreneur Anda akan mampu mengembangkan usaha berdasarkan hobi dan passion Anda sendiri, mengatur jadwal kerja dan Anda tidak perlu khawatir ancaman pemecatan. Karena dengan membangun suatu bidang usaha sendiri, Anda secara tidak langsung ikut membuka lapangan kerja untuk mereka yang di-PHK maupun belum mendapat pekerjaan.

Jika Anda mampu menjadi entrepreneur yang mampu mewujudkan point-point diatas, Tak diragukan lagi, Anda akan mendapat kebahagiaan dan kebanggan  dalam hidup.

Incoming search terms:

apakah anda sangat passionate untuk jadi seorang entrepreneur,sofskill enterpreneurship alasan,alasan menjadi wirausaha karena kepuasaan diri,alasan orang bangga menjadi wirausaha,alasan Pt Pertambgan membuat jadwal kerja menjadi 3 sift

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

2 thoughts on “Ini Alasan Kuat Menjadi Entrepreneur Mampu Membuat Anda Bahagia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *