4 Tips Jitu Membangun Relasi yang tepat untuk Bisnis Anda

5 Tips Jitu Membangun Relasi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Mempunyai dan mengelola usaha sendiri merupakan pencapaian yang luar biasa bagi pengusaha muda. Tetapi, tentunya kita perlu mempuyai dan membangun relasi untuk terus mengembangkan bisnis yang kita jalankan. Jaringan dan relasi merupakan aset terbesar bagi kelangsungan usaha anda.

Salah membangun relasi akan menyebabkan bisnis anda sulit berkembang. relasi juga menjadi salah satu sumber untuk membangun jaringan yang luas.

Anda belum mempunyai relasi bisnis ? atau sudah mempunyai relasi bisnis tetapi ingin mengembangkan hubungan dengan relasi bisnis anda ? kali ini kita akan membahas tips-tips membangun relasi bisnis yang tepat.

Ciptakan Situasi Simbiosis Mutualisme Dengan Relasi Bisnis Anda

Ketika membicarakan tentang hubungan relasi, tentunya kita membicarakan tentang keuntungan yang didapat dan diberikan kepada kedua belah pihak. Jangan hanya memikirkan apa yang akan anda terima dari relasi anda, tetapi pikirkan pula apa yang bisa anda berikan kepada relasi anda. Dengan demikian, relasi anda akan lebih percaya dan puas menjalin hubungan dengan anda.

Jangan menjadi parasit di hubungan relasi anda sendiri. Misalnya anda menghilang ketika relasi anda membutuhkan bantuan anda, maka relasi anda pun akan melakukan hal yang sama ketika anda membutuhkan bantuannya.

Membangun Relasi Bisnis yang berkualitas dan Komunikatif

Jika Anda memilih buah di Pasar, Anda pasti memilih buah yang ranum dan berukuran besar dalam jumlah sedikit dibanding buah yang kecil dan sudah membusuk meski ditawarkan dalam jumlah besar.

Begitu pula dengan menjalin relasi bisnis.

Secara umum, anda lebih baik memiliki sedikit hubungan yang berkualitas dibandingkan ratusan hubungan dengan kualitas rendah. Anda harus pintar dalam memilih relasi, jangan asal menggandeng orang. Jangan karena teman dekat, anda jadikan relasi, tetapi tidak mumpuni dalam usaha yang anda kembangkan.

Sama halnya dengan hubungan lain, dalam hubungan relasi pasti ada konflik atau kesalahpahaman. Disini, anda dituntuk untuk menciptakan hubungan yang komunikatif dan terbuka.

Relasi di dunia online? Why not?

Jika Anda kembali mengintip artikel Kami, Panduan Online Marketing, Anda akan menyadari bahwa perkembangan teknologi informasi bukan hanya bisa membantu pemasaran bisnis Anda.

Teknologi informasi, terutama media sosial online dan beberapa instant messenger mampu menghadirkan cara membangun relasi baru dengan rekan bisnis Anda.

Benar sekali,

relasi yang bisa dibangun oleh pengusaha tidak hanya di dunia nyata, tetapi dapat pula di dunia maya (via online). Untuk menjaga hubungan dengan relasi online anda, anda harus mempunyai keterbukaan dan kejujuran mengenai diri anda, jangan sampai relasi anda kecewa karena ada yang tidak sesuai dengan pernyataan anda sendiri.

Ketika anda membangun relasi dengan suatu perkumpulan, anda juga harus aktif dengan kegiatan yang dilakukan oleh perkumpulan yang anda ikuti.

Misalnya anda bergabung dengan perkumpulan pecinta kuliner karena anda berbisnis di bidang kuliner, maka ketika ada kegiatan bersama, anda harus mengikutinya untuk mendapat informasi yang up to date demi bisnis anda.

Menciptakan Sikap Saling Percaya Satu Sama Lain

Rasa percaya sangat penting dalam upaya mengembangkan bisnis yang sehat. Tanpa rasa percaya anda akan mudah curiga dengan kegiatan yang dilakukan oleh relasi anda. Jika sudah begitu, hubungan anda dan dia akan rusak dan bisnis menjadi kacau sehingga bisnis anda terkena imbasnya.

Membangun relasi bisnis yang sehat dan tepat akan mempermudah upaya anda dalam mengembangkan usaha dan bisnis anda. Apapun yang dilakukan bersama tentunya lebih mudah dari pada anda lakukan sendiri. Perluas jaringan dan ciptakan hubungan yag produktif untuk kesuksesan bisnis anda.

Manfaatkan Permainan Psikologi Untuk Memperkuat Ikatan 

Anda dapat menggunakan segala cara selain menciptakan sikap saling percaya dengan relasi bisnis Anda. Termasuk dengan menggunakan permainan psikologi.

Terdengar rumit memang. Tapi Anda tidak perlu melakukan manipulasi ala sosiopath untuk memperkuat ikatan emosional dan psikologi dengan relasi Anda.

Anda hanya perlu membuat rekan bisnis Anda tersebut merasa simpati pada Anda.

Okelah, ada yang berpendapat bahwa rasa simpati merupakan kelemahan yang tidak boleh ditunjukkan dalam dunia bisnis yang keras. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa membuat rekan bisnis Anda merasa simpati terhadap Anda akan mengikat mereka secara emosional. Demikian pula jika Anda menunjukkan rasa simpati pada mereka!

Penelitian yang dilaporkan oleh Shirako dkk pada jurnal ilmiah Organizational Behavior and Human Decision tersebut memberikan kesimpulan bahwa negosiasi yang didasari oleh hubungan yang dibangun dengan saling bersimpati akan menaikkan rata-rata keberhasilan saat bernegosiasi.

Nah, jika Anda ingin berhasil bernegosiasi dan menjaga hubungan Anda dengan relasi bisnis Anda. Tunjukkan rasa simpati Anda pada segala kesulitan yang mereka dapatkan.

Dengan demikian Anda juga akan mendapatkan sahabat, bukan hanya rekan bisnis biasa!

Selamat mencoba !!

Referensi :

https://www.startupbisnis.com/3-aturan-penting-dalam-menjalin-relasi-bisnis/

https://www.bisnism.comt/tips-cara-mencari-dan-memilih-mitra-bisnis-yang-tepat/

https://www.studentpreneur.co/blog/ini-cara-membuat-relasi-dan-terkenal-di-dunia-online/

Incoming search terms:

relasi bisnis,cara mencari relasi,Relasi usaha,cara membangun relasi,Cara membangun relasi bisnis

admin

Freelance Copywriter, Blogger dan Pegiat Internet Marketing

2 thoughts on “5 Tips Jitu Membangun Relasi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *